Untuk Pencari Kerja Untuk Penyedia Kerja

Kerja Efektif: Tips & Trick Menuju Bekerja Lebih Efektif4 min read

Mei 8, 2021 3 min read

author:

Kerja Efektif: Tips & Trick Menuju Bekerja Lebih Efektif4 min read

Reading Time: 3 minutes

Seberapa sering kita bertanya kepada diri sendiri tentang kerja yang efektif? Apakah kita menganggap diri kita efektif dalam bekerja? Meskipun banyak dari kita suka berpikir bahwa kita 100 persen efektif, kenyataannya kebanyakan dari kita memiliki kelebihan dan kekurangan yang memengaruhi keefektifan kita. Banyak dari kita bisa mendapatkan keuntungan dari mengutak-atik setidaknya beberapa keterampilan kita, agar menjadi lebih efektif. Misalnya, mungkin Anda selalu unggul dalam manajemen waktu. Tetapi berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mempelajari keterampilan baru, atau mengikuti tren industri? Atau, mungkin Anda mahir mengelola banyak permintaan yang Anda hadapi sehari-hari. Tetapi, ketika segala sesuatunya menjadi sangat sibuk, keterampilan komunikasi Anda mulai menurun saat tingkat stres mulai meningkat.

Menjadi benar-benar efektif di tempat kerja dapat membuahkan hasil sekarang dan sepanjang karier kita. Pekerja yang efektif mendapatkan proyek yang menarik, memenangkan klien penting, dan sangat dihormati oleh rekan kerja dan atasan mereka. Tetapi bagaimana Anda bisa menjadi lebih efektif, dan memastikan bahwa Anda tidak melewatkan peluang besar ini? Dan apa yang harus Anda fokuskan? Inilah yang akan kita bahas di artikel ini. Adakerja.com akan membantu anda melihat keterampilan yang dapat Anda kembangkan agar menjadi lebih efektif di tempat kerja, dan kami akan meninjau strategi dan sumber daya yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keefektifan Anda.

Langkah 1: Menentukan Prioritas

Salah satu langkah terpenting untuk menjadi sepenuhnya efektif adalah mengetahui tujuan Anda di tempat kerja. Lagi pula, jika Anda tidak tahu pekerjaan apa yang ingin Anda capai, bagaimana Anda dapat menetapkan prioritas yang sesuai? (Jika Anda tidak menetapkan prioritas, Anda akan selamanya terkubur di bawah gunung pekerjaan, tidak dapat membedakan antara apa yang penting, dan apa yang tidak.)

Untuk mengidentifikasi tujuan sebenarnya dari pekerjaan Anda dan menentukan apa yang perlu Anda capai dalam posisi Anda saat ini, lakukan analisis pekerjaan. Ini akan membantu Anda menemukan tujuan terpenting Anda, sehingga Anda dapat mulai memprioritaskan tugas secara efektif.

Langkah 2: Menyerap perilaku yang baik

Orang dengan sikap yang baik mengambil inisiatif kapan pun mereka bisa. Mereka dengan sukarela membantu rekan kerja yang membutuhkan, mereka mengambil kelonggaran ketika seseorang sakit, dan mereka memastikan bahwa pekerjaan mereka dilakukan dengan standar tertinggi. Jangan pernah merasa puas dengan kata”Cukup baik”!. Sikap yang baik di tempat kerja akan menghasilkan lebih dari sekadar membuat Anda dihormati: menetapkan standar untuk pekerjaan Anda dan perilaku Anda berarti Anda mengambil tanggung jawab untuk diri sendiri. Sifat mengagumkan ini sulit ditemukan di banyak organisasi. Tetapi menunjukkan pengambilan keputusan yang etis dan integritas dapat membuka banyak pintu bagi Anda di masa depan.

Jadi, fokuslah untuk mengadopsi sikap yang baik di tempat kerja, dan membuat keputusan yang secara intuitif “benar”. Paling tidak, Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari!

Langkah 3: Membangun keterampilan yang berguna

Kemungkinannya adalah Anda memiliki banyak tuntutan persaingan di waktu Anda. Salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih efektif di tempat kerja adalah mempelajari cara mengatur waktu Anda dengan lebih efisien. Area utama lainnya termasuk belajar bagaimana mengelola stres, meningkatkan keterampilan komunikasi Anda, dan mengambil tindakan untuk pengembangan karir. Semua ini dapat berdampak besar pada keefektifan Anda di tempat kerja.

Salah satu keterampilan terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih efektif di tempat kerja adalah mempelajari cara mengatur waktu Anda. Mulailah dengan melihat jadwal harian Anda. Tahukah Anda bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda setiap hari? Jika tidak, jawabannya mungkin akan mengejutkan Anda!. Setelah Anda mengetahui berapa banyak waktu yang Anda curahkan untuk tugas yang berbeda, Anda perlu belajar bagaimana memprioritaskannya. Anda akan dapat fokus pada pekerjaan yang paling bernilai. Untuk melacak semuanya, gunakan alat pengorganisasian seperti To-Do List atau (lebih baik lagi) Program Tindakan, untuk memastikan Anda tidak melupakan tugas dan komitmen penting.

Selain itu, pikirkan tentang seberapa sering kita berkomunikasi setiap hari. Kami melakukan panggilan telepon, menghadiri rapat, menulis email, memberikan presentasi, berbicara dengan pelanggan, dan sebagainya. Kita sepertinya menghabiskan sepanjang hari untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita. Inilah mengapa keterampilan komunikasi yang baik sangat penting, terutama bila tujuan Anda adalah bekerja lebih efektif.

Kesimpulan

Pada dasarnya menciptakan kerja efektif bagi diri sendiri membutuhkan bukan hanya kesadaran dan usaha dari diri sendiri. Namun, peran orang lain juga membantu dalam hal ini. Kerja efektif yang baik adalah kerja efektif yang dilakukan oleh semua orang yang termasuk dalam tim tersebut. Bukan hanya satu atau dua orang dalam tim. Karena ada beberapa kemungkinan bahwa orang yang efektif jika bekerja sendiri tanpa tim yang efektif pula akan berkemungkinan menjadi orang yang tidak efektif juga.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.