Untuk Pencari Kerja

Menemukan Pekerjaan yang Tepat dengan Karakter Diri Sendiri5 min read

Mei 3, 2021 4 min read

author:

Menemukan Pekerjaan yang Tepat dengan Karakter Diri Sendiri5 min read

Reading Time: 4 minutes

Menemukan pekerjaan yang tepat atau cocok dengan kepribadian kita bukanlah hal yang mudah. Terkadang, kita harus melalui berbagai macam kegagalan dalam suatu bidang pekerjaan untuk mengetahui hal tersebut. Bahkan terkadang, kita baru tersadar tentang pekerjaan yang tepat bagi diri kita setelah melalui tiga sampai empat pekerjaan terlebih dahulu. Selain beberapa posisi dan perusahaan, kita juga secara tidak langsung juga telah membuang aset terbaik kita dalam bekerja yaitu waktu. Jadi, jangan biarkan kita membuang waktu yang sia-sia karena secara tidak sadar kita memaksakan melakukan suatu pekerjaan.

Beberapa pepatah bahkan berkata “temukanlah pekerjaan yang tepat, maka kau tidak akan pernah bekerja sehari pun”. Hal tersebut menjelaskan ketika kita mendapatkan pekerjaan yang tepat, kita cintai atau memang sesuai dengan kepribadian kita. Maka hari-hari yang kita lewati dalam bekerja tidak akan terasa seperti bekerja. Maksudnya, tidak akan ada perasaan terbebani dari pekerjaan tersebut. Seperti contoh, seseorang yang sangat interaktif akan sangat menyukai pekerjaan menjadi seorang salesman, sedangkan seseorang yang pemalu akan merasa terbebani oleh pekerjaan ini. Hal tersebut juga merupakan dasar dari alasan hadirnya adakerja.com, kami mendedikasikan diri kami untuk membantu mendapatkan pekerjaan yang tepat. Tidak akan ada sehari pun terasa seperti beban dalam pekerjaan. Berikut adalah daftar dari beberapa karakter dan prediksi pekerjaan yang tepat untuk masing-masing karakter tersebut.

Introvert

Seorang yang introvert adalah orang yang memiliki kecenderungan untuk malu, atau orang yang biasanya menyimpan sendiri apa yang dia sedang pikirkan. Biasanya karakter ini cenderung bekerja sendiri atau di dalam grup yang kecil. Introvert mampu untuk sangat fokus dalam pekerjaannya. Mereka mempunyai perhatian yang lebih dalam hal yang mendetail karena biasanya mereka fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu. Museum, IT department, laboratorium, perpustakaan adalah beberapa contoh dari industri yang disarankan untuk orang yang mempunyai karakter introvert. Sedangkan arsiparis, manajer sosial media, programmer, peneliti, administrasi, akuntan,  atau paralegal adalah beberapa contoh pekerjaan yang disarankan untuk introvert.

Extrovert

Extrovert adalah jenis karakter yang mengindikasikan seseorang yang supel dan ekspresif. Orang dengan karakter memiliki ketertarikan untuk bekerja dalam kelompok yang besar dan cenderung menyukai tugas dalam tim. Mereka biasanya merasa nyaman berbicara di depan umum dan memimpin kegiatan berkelompok. karakter ini juga merupakan seorang multitasker yang bekerja lebih baik dalam banyak pekerjaan dan banyak waktu. Beberapa contoh industri yang disarankan untuk orang yang mempunyai karakter ini adalah antara lain human resources, public relation, sales dan industri-industri yang mirip ataupun sejenis. Sedangkan sales manager, HRD, PR, actor, agen adalah contoh dari pekerjaan yang direkomendasikan untuk orang yang memiliki karakter extrovert ini.

Penyelenggara

Karakter penyelenggara adalah karakter yang mewakili orang-orang yang ramah, mudah bergaul, dan praktis. Orang dengan karakter ini menyukai struktur organisasi atau komunitas untuk memastikan kelancaran kerja mereka. Penyelenggara adalah orang-orang yang cenderung berpacu pada aturan yang baku dan prosedur-prosedur kerja, mengumpulkan data serta mengolahnya. Pariwisata, keunangan, administrasi, publishing adalah contoh industri yang disarankan untuk orang dengan karakter penyelenggara. Selain itu pekerjaan seperti editor, manajer kantor, asisten administrasi dan pekerjaan sejenis adalah pekerjaan yang diprediksi akan cocok untuk orang dengan karakter penyelenggara ini.

Seniman

Orang dengan karakter seniman cenderung mempunyai daya imajinasi yang tinggi yang tersalurkan melalui tangan serta pikiran mereka. Mereka biasanya adalah orang yang kreatif dan inovatif dalam pekerjaan mereka. Seniman biasanya tidak menikmati aturan-aturan kerja yang mengikat seperti penyelenggara. Tetapi lebih suka bekerja pada batas waktu mereka sendiri dengan pengawasan yang terbatas dan juga jadwal yang fleksibel. Orang dengan karakter ini biasanya lebih suka mengimplementasikan ide mereka daripada mengelola atau mengikuti ide orang lain. Beberapa contoh industri yang cocok antara lain adalah design, marketing, writing, hiburan, dan industri terkait. Sedangkan pekerjaan yang disarankan untuk orang yang berkarakter seniman adalah desainer interior, desainer grafis, marketing, pengiklan, musisi dan pekerjaan-pekerjaan sejenis.

Pembimbing

Seorang dengan karakter pembimbing adalah orang yang berorientasi pada pelayanan. Orang dengan karakter ini cenderung lebih memperhatikan kebutuhan orang lain. Sederhananya, pembimbing adalah “orang yang suka bersosialisasi”, yang menikmati bekerja bersama dengan orang lain dan bekerja untuk kesejahteraan orang lain. Mereka sangat bertanggung jawab dan memiliki keterampilan organisasi yang kuat. Beberapa contoh industri yang cocok antara lain adalah kesehatan, pendidikan, pengabdian pada masyarakat, HRD dan industri sejenis. Sedangkan contoh pekerjaan yang direkomendasikan untuk orang dengan karakter pembimbing adalah dokter, perawat, therapist, guru, pekerja sosial dan pekerjaan lain yang membutuhkan tingkat dedikasi kepada orang lain lebih tinggi dibandingkan karakter lainnya.

Pengusaha

Karakter pengusaha adalah orang-orang yang terlahir sebagai pemimpin dengan tanggung jawab untuk membimbing orang lain dan membangun serta memelihara kelompok tertentu. Orang dengan karakter ini cenderung lebih suka melihat proyek dari awal hingga akhir, tetapi mereka juga memahami bagaimana dan kapan mendelegasikan tugas kepada orang lain. Mereka cenderung sangat percaya diri dan ambisius. Bisnis, pendidikan, keuangan, hukum, pemerintahan adalah contoh dari bidang yang cocok untuk orang yang berkarakter pengusaha. profesor, CEO, trainer bisnis, banker, hakim, politisi dan pekerjaan sejenis adalah beberapa pekerjaan yang direkomendasikan untuk orang dengan karakter pengusaha dalam dirinya.

Analis

Orang dengan karakter analis adalah orang yang cenderung tertarik dalam hal menganalisis teori dan menggunakan keterampilan penalaran logis mereka. Analis biasanya menikmati bekerja sendiri dan lebih suka mengerjakan masalah yang kompleks sampai akhir. Mereka sering berpegang pada standar yang tinggi dan karenanya sangat berorientasi pada detail. Beberapa contoh industri yang cocok untuk seorang dengan karakter analis antara lain adalah ilmu pengetahuan, kesehatan, militer, advokasi, IT, keunangan dan industri sejenis lainnya. Sedangkan jenis pekerjaan yang direkomendasikan untuk orang dengan karakter analis adalah engineer, dokter, researcher, militer, detective, manajer bisnis dan pekerjaan-pekerjaan sejenis.

Kecocokan

Dari beberapa tipe karakter serta industri dan pekerjaan yang terjabar di atas. Kita dapat memilih dan menganalisis diri kita akan industri dan pekerjaan mana yang cocok untuk kita. Menemukan pekerjaan yang tepat tidak semudah membalik telapak tangan. Hal tersebut terkadang membutuhkan pengorbanan waktu dan tenaga demi mencapai pekerjaan yang tepat. Namun, jika kita sendiri telah mengetahui diri kita lebih jauh maka akan lebih mudah bagi diri kita untuk menemukan pekerjaan yang tepat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.